Minggu, 01 Mei 2011

Max08-Membuat Vray Scene dengan Standard Camera dan IES Photometric

Menggunakan Vray tidak berarti Anda harus memakai semua tools dari Vray. Standard Camera dan Standard light dari 3ds Max juga dapat digunakan dengan baik ke dalam Vray Scene. Settingnya jauh lebih mudah (terutama untuk camera), dan dengan pengaturan yang tepat, hasilnya tidak jauh berbeda dengan saat menggunakan Camera dan Vray light. Tentu saja kita tetap harus menggunakan beberapa Vray Rectangle light sebagai sumber cahaya utama. Tetapi kemudian bisa didukung dengan Direct light dan Photometric light.

Kelebihan penggunaan photometric light dibanding saat menggunakan IEs Vray saat membuat downlight yaitu, saat kita memasukkan IEs file, bentuk dari IEs file akan lebih mudah dilihat, sehingga mempermudah kita membedakan jenis lampu satu dengan lainnya. Ini mungkin tidak terlalu penting jika kita hanya menggunakan satu atau dua buah lampu downlight. Tetapi saat kita mencapai jumlah 20 lampu, akan terasa manfaatnya.

Satu tips, dengan scene yang saya buat di tutorial, jika anda menambahkan sebuah Vray sun yang tidak di enable, scenenya akan terasa lebih hidup lagi.


Selamat Mencoba!!!