Rabu, 16 Maret 2011

Google Sketchup atau 3DS Max?

Baru mulai belajar 3d? Sedang berpikir mana yang lebih baik, Google Sketchup (SU) atau 3dsMax? Berikut hal-hal yang mungkin bisa di pertimbangkan:

Google Sketchup :
  1. GRATIS!!! Tinggal download dari google, lalu install langsung siap dipakai. Bahkan banyak sekali modeling siap pakai yang tinggal di download untuk dimasukkan ke scene, furniture, orang, tanaman, mobil. Tinggal di search di Google, sekali lagi, gratis!
  2. Sangat mudah untuk dipelajari, karena parameternya juga tidak terlalu banyak. Saya pribadi hanya butuh waktu 2 hari-an untuk menguasai modeling menggunakan sketchup
  3. Untuk bentuk geometris yang sederhana, seperti bangunan minimalis, Furniture.. selama tidak memerlukan bentuk yang terlalu organik, SU sangat cepat dan ringan. Tetapi begitu masuk ke bentuk polygon yang kompleks, SU langsung menjadi sangat berat.
  4. Setelah selesai, SU langsung bisa di ekspor dalam bentuk Tampak, Denah dan Potongan, plus sudah ada ukurannya. Ini sangat berguna untuk para Arsitek dan Interior designer. Karena saat merevisi 3d, kamu bisa langsung merevisi yang lain. Hemat waktu!
3dsMax:
  1. Sangat bagus untuk bentuk yang kompleks dan organik. 3ds Max bahkan digunakan untuk animasi film seperti Avatar, 2012, Iron Man (!), dll
  2. Max perlu butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya karena parameternya yang sangat banyak. Belum lagi harga 3ds Max (resmi loh!) sangat mahal. 
  3. Perlu spesifikasi komputer yang cukup tinggi. 
Jadi intinya, kalau kamu ingin serius menjadi animator, invest lah ke 3ds Max, yakinlah, tidak akan rugi. Tapi kalau larinya ke arsitektural atau interior desain, dan tidak terlalu berminat untuk mendalami 3d, langsung saja ke Sketchup. Jangan khawatir, dengan plug ins yang tepat, hasil Sketchup tidak kalah dengan 3ds Max. 

Hasil Sketchup dengan Vray Renderer
Hasil 3dsMax dengan Vray Renderer

Tentunya, kalau menguasai keduanya, tidak ada ruginya sama sekali....