Minggu, 01 Mei 2011

Max08-Membuat Vray Scene dengan Standard Camera dan IES Photometric

Menggunakan Vray tidak berarti Anda harus memakai semua tools dari Vray. Standard Camera dan Standard light dari 3ds Max juga dapat digunakan dengan baik ke dalam Vray Scene. Settingnya jauh lebih mudah (terutama untuk camera), dan dengan pengaturan yang tepat, hasilnya tidak jauh berbeda dengan saat menggunakan Camera dan Vray light. Tentu saja kita tetap harus menggunakan beberapa Vray Rectangle light sebagai sumber cahaya utama. Tetapi kemudian bisa didukung dengan Direct light dan Photometric light.

Kelebihan penggunaan photometric light dibanding saat menggunakan IEs Vray saat membuat downlight yaitu, saat kita memasukkan IEs file, bentuk dari IEs file akan lebih mudah dilihat, sehingga mempermudah kita membedakan jenis lampu satu dengan lainnya. Ini mungkin tidak terlalu penting jika kita hanya menggunakan satu atau dua buah lampu downlight. Tetapi saat kita mencapai jumlah 20 lampu, akan terasa manfaatnya.

Satu tips, dengan scene yang saya buat di tutorial, jika anda menambahkan sebuah Vray sun yang tidak di enable, scenenya akan terasa lebih hidup lagi.


Selamat Mencoba!!!

4 komentar:

W i e d e s i g n a r c h mengatakan...

posting2nya kayaknya seru... ^_^
teman wahid juga kan yah...
salam kenal yah ^__^
seneng juga bisa ketemu teman satu latar...
tapi pasti Anda memiliki kemampuan modelling luar biasa yah? begitulah Wahid memberi saya penilaian..
Salam kenal

Azri 3d Tutorial mengatakan...

Walah.. Jadi malu nih mbak,
kemampuan saya sebetulnya biasa2 aja. Blog ini hanya untuk sharing aja. Dengan begini saya bisa belajar lebih banyak.

Salam kenal juga!

ernest mengatakan...

salam kenal mbak,
saya mahasiswa arsitektur dr medan,
di medan org yg punya ilmu kayak gini pada nyimpen(gak tau deh krn pelit) he...he...
trims udah share mbak,
sukses selalu ya mbak.

Azri 3d Tutorial mengatakan...

@Ernest, Saya rasa bukannya pelit. Tapi bikin video kayak gini ternyata lumayan sulit (setidaknya untuk saya). Memadatkan yang sudah dipelajari bertahun2 kedalam video dibawah 15 menit sambil ngerjain tugas harian itu perlu usaha ekstra. Karenanya kalau ada masukan, ide, dll sangat diharapkan

Posting Komentar