Kamis, 10 Maret 2011

Tips agar file 3ds Max lebih ringan dan mudah di Render - Basic

Berikut ada beberapa hal yang bisa di lakukan agar file 3ds Max lebih ringan, errornya berkurang dan lebih cepat saat di render
  1. Lebih baik menggunakan Editable Poly daripada Editable mesh, pilihan settingnya lebih banyak, kemungkinan errornya lebih kecil. Kecuali saat menggunakan boolean atau pro boolean, saya lebih suka menggunakan Editable Mesh.
  2. Gunakan jenis light yang sesuai dengan rendering engine nya. Misalnya anda menggunakan V-Ray, maka gunakanlah V-Ray Light, IEs, Sun. Tidak perlu di campur dengan Omni, Direct Light Etc. 
  3. Gunakan sesedikit mungkin Light. Semakin banyak light, rendering akan semakin berat.
  4. Kurangi jumlah photon/sample saat men-setting render engine. Ini berlaku untuk semua rendern Engine.
  5. Hindari penggunaan Soft Shadow, tergantung Rendering Engine yang akan di gunakan. Bisa dengan memperkecil ukuran Light, atau mendisable Area Shadow di V-Ray. TAPI, metode ini akan membuat hasilnya kurang realistic.
  6. Kurangi penggunaan bump, apalagi displacement.
Semoga bermanfaat!