Kamis, 17 Maret 2011

7 Langkah saat Pertama kali memakai Sketchup

Jadi kamu memutuskan untuk memakai Google SketchUp (SU)? Berikut adalah tujuh tips yang sebaiknya kamu lakukan saat pertama kali mulai mempelajari cara memakai sketchup.
  1.  Nyalakan semua toolbarnya. Masuk ke View>Toolbars , lalu nyalakan semua toolbar yang tersedia. Kemudian save pengaturan toolbar ini (save toolbar ada di google 8). Jadi saat mulai tutorial, kamu tidak kebingungan mencari-cari perintah yang tepat.
  2.  Group semua benda yang dibuat. Karena jika tidak, akan menempel satu sama lain. Misalnya setelah membuat rectangle, langsung group, baru di edit.
  3. Shortcuts. Seperti pada Autocad, lebih mudah jika kamu hafal semua shortcuts pada Sketchup.  Masuk ke Window>Preferences>Shortcuts.
  4. Tape Measure. Gunakan perintah Tape measure (T) untuk patokan ukuran, ini lebih cepat dari pada memasukkan angka.
  5. Letakkan Layer, Entity Info, Material dan Component  windows di ujung kanan atas layer. Lalu jangan di tutup. Jika sedang tidak dipakai, cukup di minimize saja. Karena bila modeling sudah cukup kompleks hal ini akan menghemat waktu loading.
  6.  Layer. Kalau kamu berencana untuk membuat ruangan atau bangunan dengan banyak model, pisahkan dengan menggunakan layer. Jadi jika tidak diperlukan bisa di freeze tapi jangan hide, karena saat di hide, object akan tetap ter edit. Yang sudah terbiasa menggunakan Autocad biasanya sudah familiar dengan konsep ini.
  7. Yang terakhir, sebelum mulai membaca atau menonton tutorial, coba-coba dulu semua perintah dalam sketchup. Karena, saking mudahnya sketchup, beberapa perintah bisa langsung dipelajari tanpa melakukan tutorial. Ini akan mempercepat waktu belajar.

OK, sekarang…Selamat Belajar Sketchup!!! 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar