Sketchup15-Setting Vray Bangunan Siang Hari

Membuat bangunan minimalis dengan menggunakan sketchup sangat menyenangkan dan cepat. Namun saya masih merasa belum puas dengan kualitas pohon2 3d dari library sketchup yang ada. Kalaupun ada yang cukup bagus, biasanya sangat memberatkan komputer. (Atau komputernya sudah minta diganti lagi? :))

Karenanya, untuk tambahan pepohonan, saya masih memerlukan bantuan Photoshop. Tetapi mungkin kalau saya lebih rajin lagi mencari, mungkin akan ketemu plug in pohon yang cukup bagus. Dan untuk tutorial ini, saya masih hanya memberikan hasil 'mentah' yang langsung didapat dari rendering sketchup tanpa touch up apapun.

Hasil Rendering Siang hari
Sayangnya karena tidak cukup waktu (baca:males) ngubek2 warehouse, jadilah lampu jalannya kurang sip. Tapi untuk scene kamu, lebih baik cari yang lebih bagus deh, atau buru2 ditutup pakai pohon. :)

Disini saya juga menyinggung sedikit tentang penggunaan displacement, yang akan membuat rumput akan terlihat lebih realistik. tetapi seperti biasa, saat menggunakan displacement, waktu rendering yang dibutuhkan juga akan lebih panjang alias berat.

Berikut adalah tutorial yang sudah dapat dilihat di You tube


Dan ini adalah setting parameter yang dipakai untuk scene kali ini.Setting ini sebagian juga akan dipakai saat membuat scene malam hari.





Selamat Mencoba!!


Komentar

Cygnus mengatakan…
... salam kenal mbak,
saya pengguna 3ds max. sebenarnya sudah cukup lama, namun karena belajar secara otodidak dari video youtube & metacafe jadi progressnya lambat. itu semua cuma karena hobi belaka.
... thanks ya atas video tutornya di youtube, banyak sekali memberi masukan teori buat saya.
saya banyak mendownloadnya.
Azri 3d Tutorial mengatakan…
@Cygnus : Tutorial ini saya buat memang untuk mencerdaskan anak bangsa. Jadi silahkan saja download sepuasnya. Selamat belajar!