Minggu, 12 Juni 2011

Sketchup11- Animasi Eksterior Vray

Sebetulnya pengaturan Exterior Vray lebih mudah dibandingkan dengan pengaturan Interior Vray, karena cahaya yang digunakan bisa cukup dengan menggunakan Cahaya matahari default dari Sketchup (kecuali tentunya untuk scene eksterior malam hari dimana diperlukan beberapa cahaya tambahan dari dalam). Tetapi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat membuat rendering Vray eksterior :
  1. Saat menggunakan material kayu, logam, atau material yang bersifat reflektif, jika hanya digunakan sebagai aksen saja dan tidak dominan, tidak perlu diberikan refleksi. Tentang material sudah saya jelaskan disini.
  2. Nilai bump sebaiknya lebih besar daripada saat digunakan di Interior scene, agar teksturnya lebih jelas terlihat.
  3. Periksa kembali pemberian material kaca dari sebelah dalam, material harus di map dari kedua sisi. Jika dari depan saja, akan tetap terlihat tembus pandang, tapi saat dirender akan timbul bayangan.
  4. Jika saat rendering eksterior menggunakan satu arah cahaya saja untuk semua scene, maka dapat Iradiance map dan Light cache-nya dapat di save kedalam file tertentu, lalu ubah modenya dari Single frame ke mode From file. 
  5. Material kaca dari luar bisa diberikan tekstur agar terasa lebih realistik dan teksturnya haruslah satu tema dengan background yang digunakan
Pada pembuatan animasi Vray ini, parameter setting yang saya berikan tidaklah terlalu tinggi, sehingga gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam, tujuannya adalah untuk menghemat waktu rendering. Tetapi jika kamu cukup pede dengan kemampuan komputermu, bisa mencoba  setting Vray untuk bangunan siang hari ini.





Selamat mencoba!

4 komentar:

bucex mengatakan...

terimakasihhh sangat bermanfaat banget buat saya yang baru blajarrrr..... salamm kenall ^_^

MICIgowa mengatakan...

Nebeng tanya Mba... Bsa gk klo ada tutorialnya settingan eksterior Vray...

Azri 3d Tutorial mengatakan...

@MICIgowa: lha, ini 'kan settingannya udah eksterior, hanya rendernya aja di animasi. Tapi lain kali akan dibuatin setting yang high resolution. Sabar ya..

oktaputra mengatakan...

Mau numpang tanya mbak..saya mencoba teknik ini tapi dengan konfigurasi 3 scenes..nah pada saat di tengah proses terjadi erro..gimana ya solusinya agar saya bisa lanjut render lagi dri frame terakhir yg error tadi tanpa mengulangi dari frame awal??
Terima kasiiih..

Poskan Komentar