Max06-Membuat Ruang Tidur (Import, Eksport, Group )

Sudah banyak sekali file Max pendukung bangunan atau ruangan (kursi, pintu, jendela dll) yang di sediakan, baik gratisan di internet maupun jualannya dalam bentuk CD/DVD. Misalnya dari Archmodel, Archinterior, Bosch dan sebagainya. Sehingga kita tidak perlu menghabiskan berjam2 untuk modelling benda2 yang hanya merupakan komponen pendukung dalam design kita. Kita juga bahkan bisa membuat library kita sendiri, yang kelak bisa di upload, atau malah dijual -kalau bagus lho!-

Ditutorial ini kita akan membahas bagaimana mengimpor file, yang tidak sejenis dengan max, misalnya CAD dan 3ds dengan cara import. Juga impor sesama file max menggunakan merge. Juga bagaimana kemudian mengekspor file dengan Archive. Ini perlu, karena file max sangat terkait dengan material yang digunakan, jika kita hanya mengkopi file begitu saja, atau bahkan merename folder dimana kita menyimpan material, bisa-bisa kita harus mengulang pemberian material. Ini sangat merepotkan kalau scene kita sudah kompleks.

Karena kita sudah mulai masuk kedalam scene, jumlah model kita juga akan bertambah, karenanya kita juga akan mempelajari cara mengolah object yang sudah di group dan alternatif lain dari group yaitu link. Link ini dimasa depan akan penting saat kita mulai mempelajari reactor.

Kalau malas mendesign sendiri, bisa pakai denah ini:
Denah
Ini adalah scene akhir dari beberapa tutorial kedepan.
Semi klasik Bedroom


Selamat mencoba!!

Komentar

dunia dan umbul-umbul mengatakan…
saya masih newbi mba'....
saya pakai 3ds max 2009... klau mengacu sama tutorial mba' azried, bisa ngikutin gak yah??trima kasih... :)
Azri 3d Tutorial mengatakan…
Bisa, mungkin harus penyesuaian. Tapi saya juga baru tahun ini kok pakai 2011 sebelumnya 2009. Mirip lahh, biasanya kalau ada perbedaan saya jelaskan kok. Selamat belajar!
dunia dan umbul-umbul mengatakan…
wah..terimksh mba'..nice info.... :)
Unknown mengatakan…
permisi numpang tanya cara import dr sketchup ke 3Dmax gimana caranya ya??