Max03-Mapping

Bagian yang saya paling suka dari 3ds Max adalah Mapping. Karena, Mapping atau pemberian tekstur pada benda ini  akan dapat mengurangi beban kerja kita dalam modeling. Misalnya untuk ukiran2 klasik atau tradisional, bisa sih di modeling, tapi berapa lama baru selesai? Apalagi kalau kamu ternyata berbakat dalam modelling, ditambah mapping, bisa jadi perpaduan yang dahsyat tuh!

Mapping plus pencahayaan yang baik akan menghasilkan object yang realistic dan bagusss. Kadang desain yang simpel tapi diberi Mapping yang tepat akan jadi sangat mengesankan? Tidak percaya? tanya saja sama klien2 saya yang merasa puas. (jiaaaaahhhh!!! >.<")

Tapi karena banyaknya jenis Mapping dan cara meletakkan mapping dalam object, maka yang saya bahas (untuk saat ini) hanya dasarnya saja. Tergantung gimana kreativitas kamu juga loh untuk mengembangkannya ke batas yang maksimal. Yang saya bahas adalah :

  1. Material Standard (pastinya!) yang kemudian akan kita letakkan pada object menggunakan UVW Map
  2. Bump dan displacement pada material standard
  3. Multi/Sub Object material, ini akan memungkinkan kamu memberikan beragam map pada suatu object
  4. Blend material, mencampurkan dua tekstur kedalam satu material dalam pola tertentu
  5. Opacity pada material standar, supaya kamu bisa membolong-bolongi suatu benda dengan pola tertentu. 
Tadinya saya pikir segitu 'tuh sudah sedikit banget, tapi ternyata membutuhkan dua video youtube! Jadi untuk material lainnya yang menurut saya juga penting yaitu refleksi (seperti untuk cermin) dan refraksi  (misalnya untuk kaca) terpaksa lain kali saja. Atau sekalian pas membahas material untuk Vray ya? 

Berikut material yang akan dipakai untuk mapping pada  tutorial saya, kamu bisa kopi dari sini 




Part 1


Part 2
Selamat mencoba!

Komentar