Max01-Perkenalan Interface

Sekitar tiga empat tahun lalu, saat saya masih anak bawang di dunia Arsitektur/Interior design, gaji yang saya terima sangat kecil. Maklumlah, freshgraduate di dunia design memang kurang di hargai dari segi gaji. Tapi, saya bisa survive thanks to kemampuan saya di 3d. Lumayanlah,  per minggu bisa dapet sekitar Rp./ 700 rb diluar gaji kantor dari kerja part time 'kan lumayan tuh (inget ini masih anak bawang loh!)

Makanya, belajar 3ds Max walaupun mungkin agak ribet pada akhirnya sangat worthed, bahkan kalau hanya sebagai untuk alat untuk mengungkapkan ide kita. Kalau dengan sketsa udah ok, apalagi kalau dengan 3d?

Tapi empat hal dasar hal perlu diinget untuk menguasai 3ds max:

  1. Hafalkan Hotkey-nya! Oke lah kalo awalnya masih ngandelin Icon, tapi pelan2 hotkey harus diluar kepala. Misalnya T=untuk Top View, P=Perspective dan seterusnya.
  2. Rajin-rajin nge-Save. Walaupun sudah ada Autoback, biasakan untuk nge-save setiap 15-20 menitan deh, karena secara ajaib, 3ds Max suka mendadak ngambek dan mati mendadak. Kadang autobacknya nggak mau recover. Halaaahhh... saat itu terjadi hhmmmm. Tiada kata untuk mengungkapkan rasanya. Kalau perlu save dengan dua nama.
  3. Sesuaikan kemampuan komputer dengan setting render 3d. Jangan sampai buang-buang waktu render untuk detail yang akhirnya tidak begitu kelihatan pada saat ngeprint, padahal komputernya nggak kuat
  4. Latihan!! buat benda-benda apapun yang ada tutorialnya, dari bantal, jendela, lampu, apapun. Karena setiap perintah baru yang kamu pelajari saat latihan akan bisa berhubungan satu sama lain, dan akhirnya akan bikin kamu jadi jagoan.
Berikut tutorial awal untuk 3ds Max, ini bener-bener dasarnya. Mudah-mudahan akan menjadi awal yang baik untuk tutorial selanjutnya sampai level Advance.



Selamat mencoba!

Komentar

dehito mengatakan…
Mbak Azri, thanks ya..saya sangat awam banget ni tp punya kemauan untuk belajar. Saya sudah ngikutin Tutorial 1 dengan sempurna..oh ia, usul ni, ada 1 video posting yang khusus membahas shortcut button dunk disertai dengan contoh pengaplikasiannya..misalnya:
alt+w = ...
m= mapping
kalau kulihat si sudah ada..tp masih ada yg miss mbak, misalnya alt+w aku dapetnya dari lihat2 di menu..hohoho...maklum awam mbak

overall : Ilmunya sangat2 bermanfaat, mudah dicerna mbak..mungkin mbak ada bakat jadi dosen..
thanks ya..

teruskan memmbagi ilmu di tutorial2 berikutnya.Semoga pahalanya dibalas setimpal oleh Tuhan Y.M.E.
Azri 3d Tutorial mengatakan…
Terimakasih untuk doanya.
Shortcut sengaja saya berikan sedikit2 di setiap tutorial karena 2 alasan. Pertama, sudah sangat banyak shortcut yang ada di Internet. Tinggal di google aja
Kedua, biasanya kalau di berikan sekaligus malah jadi mudah lupa pengaplikasiannya. (atau kalau saya sendiri malah ketiduran karena bosan)

Tapi sarannya boleh juga, mungkin suatu saat saya akan buat. Thanks